Sunday, September 25, 2016

Bumbu Lengkuas Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Lengkuas adalah salah satu jenis bumbu yang paling sering dipakai dalam setiap masakan di Indonesia. Biasanya Lengkuas dipakai untuk masakan indonesia seperti kari, rendang, gulai dan sebagainya. Selain untuk masakan berkuah, Lengkuas juga banyak dipakai untuk bumbu masakan yang digoreng seperti unggas, tahu tempe maupun ikan.
Lengkuas diambil dari akar rimpangnya. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu di Indonesia, rempah yang satu ini juga dipakai untuk melezatkan masakan di negara Asia lainnya seperti  Laos,  Thailand, Malaysia,Cina dan India.  Rempah satu ini mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai antimikroba dan antibakteri. Minyak atsiri inilah yang membuat lengkuas menjadi pengawet alami masakan.

Selain sebagai bumbu masakan tumbuhan yang memiliki nama latin Alpinia galangal ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat oleh pakar pengobatan tradisional china dan jawa.
Minyak atsiri yang terkandung dalam lengkuas memiliki fungsi sebagai obat tradisional untuk mengobati masuk angin, mual, perut kembung, pereda nyeri, rematik, batuk,  serta meningkatkan nafsu makan. Selain itu tanaman ini juga sering dipakai untuk pengobatan penyakit kulit akibat jamur seperti panu, kadas, eksim, dan sebagainya.
Bahkan lengkuas jenis lengkuas merah memiliki khasiat yang lebih banyak. Menurut banyak penelitian, lengkuas merah (Alpinia purpurata) bisa meningkatkan sistem imun tubuh, mengatasi diare,  bronchitis, bahkan dipercaya mampu meningkatkan kemampuan seksual.
Selain dua fungsi diatas lengkuas bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuat minuman kesehatan sehari-hari seperti minuman jahe atau kunyit. Caranya umbi lengkuas dimemarkan lalu diseduh dengan air hangat. Untuk menghilangkan rasa pahit yang ditimbulkannya anda bisa menambahkan gula jawa, gula pasir ataupun madu. Ramuan ini akan membantu menjaga kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment